Friday, June 14, 2013

Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan



Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan sangat lah banyak dan mampu meningkatkan daya tahan tubuh namun kini ubi jalar mulai ditinggalkan sebagian orang kenapa?
pengaruh globalisasi kah? mungkin saja namun yang pasti semakin tinggi tingkat sosial seseorang maka ia akan semakin lupa terhadap hal-hal yang sederhana.  benar tidak? Termasuk juga dengan ubi jalar ini, yaitu salah satu makanan yang identik dengan makanan orang susah ataupun orang desa, namun dibalik kesederhanaan makanan ini tersimpan sejuta manfaat nya bagi tubuh kita.




Ubi jalar atau pun ubi rambat ini tergolong dalam ubi yang di budidayakan orang dan memiliki gizi yang tinggi, kemudian ubi jalar ini juga dipakai sebagai bahan baku pembuatan kue yang memiliki cita rasa dan gizi yang tinggi, jadi tergantung pengolahannya saja, jadi ubi kalar ini berpotensi sebagai  agroindustri jika di kelola dengan tepat.

kemudian ubi jalar ini adalah makanan yang baik dikonsumsi bagi semua kalangan baik tua maupun anak anak karena kaya akan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, sehingga konsumsi ubi jalar ini sangat di anjurkan oleh beberapa kalangan pakar kesehatan guna menambah asupan gizi.

Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan

Menurut penelitian yang dilakukan lembaga P3TPI, ubi jalar terbukti rendah kalori dan mengandung antioksidan, betakaroten dan antosianin. Selain itu, ubi jalar juga banyak mengandung beberapa vitamin penting seperti vitamin C, B2, B6, D, E, dan biotin. Ubi jalar merupakan makanan dengan rasa manis yang bebas lemak dan mengandung 69% dari nilai harian Vitamin A dan 65% kebutuhan vitamin C dalam satu porsi (kurang lebih satu cup). Bahkan makanan super ini juga mengandung 4 gram protein per porsi!

Ubi jalar mengandung antioksidan, sehingga dapat mencegah cepatnya kerusakan sel tubuh, penyebab penuaan dini. Manfaat lain adalah mencegah kanker, mengendalikan gula darah, menjaga elastisitas kulit, mencegah serangan jantung hingga membantu menurunkan berat badan. Ubi jalar juga merupakan sumber karbohidrat yang baik.

Rendah kalori pada ubi jalar juga membuatnya baik jika dikonsumsi oleh penderita diabetes. Studi yang pernah dilakukan menyebutkan bahwa kandungan kalium yang terdapat pada ubi jalar dapat menurunkan tekanan darah tinggi secara signifikan maka resiko stroke yang mungkin dapat menyerangnya dapat menurun hingga 40%.

Dan bagi mereka yang menginginkan tubuh lebih kekar, ubi jalar merupakan pilihan makanan yang sangat baik. Seiring dengan kandungan vitamin yang tinggi, ubi jalar mengandung pati yang kompleks, yang sangat baik untuk meningkatkan kekuatan dan energi. Kadar serat ubi jalar juga membuat mereka mudah dicerna.

nah bagaimana sudah tau bukan manfaat ubi jalar ni, masih kah ada yang mengatakan ini makanan orang susah,?
jadi jika anda memang menginginkan asupan gizi dari ubi jalar ini tidak ada salahnya jika anda konsumsi setiap hari dan anda sediakan di meja makan setiap hari, anda bisa konsumsi dengan hanya direbus ataupun diolah menjadi makanan baru yang lebih menggugah selera anda.
oke saya rasa cukup sampai disini artikel tentang tips kesehatan kali ini semoga menambah wawasan kita semua, semoga ada manfaat nya.

sumber

1 comment: