Friday, June 14, 2013

Inilah Dampak Nyata Akibat Merokok



Merokok, semua orang tau akan akibat merokok, tapi tidak semua orang yang mau berenti merokok, betul tidak? sebenarnya mereka punya alasan sendiri yang membuat mereka kukuh dengan pendirian nya yang sangat sulit untuk membuat mereka berhenti, karena untuk berhenti merokok sesungguhnya hanya niat dari si perokok, barulah bisa benar benar berhenti.
nah disini saya akan membuat dampak nyata yang bisa dilihat dan dirasakan akibat merokok, yang pernah saya alami sebelumnya, semoga saja dengan membaca artikel ini para remaja yang belum tersentuh dengan rokok tidak pernah mencoba dengan yang namanya rokok ini.



jika dampak tidak nyata adalah paru paru kita yang semakin hangus akibat asap rokok, peredaran darah menjadi tidak lancar akibat penggumpalan darah, yang akhirnya berakibat fatal seperti serangan jantung akibat penyumbatan pada pembuluh darah, ini adalah dampak tidak nyata yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang.

sedangkan dampak nyata akibat merokok adalah sebagai berikut;

1. kuku kuning akibat asap rokok
nah para pecandu rokok biasanya tidak ada yang mempunyai kuku yang original lagi, ehehe, para perokok cenderung memiliki kuku tangan yang kuning dan kecoklatan.

2. bagian dalam gigi berkarat
para perokok cenderung bagian dalam giginya berkarat, ini diakibatkan karena asap rokok, memang jika dilhat dari luar gigi mereka putih, tapi bagian dalam berkarat, bukan karena karang gigi, tapi karena asap rokok, jadi jika asap rokok + karang gigi = gigi habis.

3. akan timbul dahak yang sulit hilang
nah ini salah satu akibat nyata dari merokok, awal mula sebelum merokok mungkin kita tidak punya dahak, namun jika sudah merokok dalam waktu yang lama, kita akan merasakan dahak yang tak akan pernah hilang, terutama saat menggosok gigi pada pagi hari, ini dahak kita akan sangat banyak pada waktu pagi, pemicu dahak adalah nikotin, sampai saat ini saya telah berenti sekitar 3 bulan namun dahak akibat merokok belum juga hilang sampai sekarang, namun sudah mulai berkurang.

4. sering sakit tenggorokan
pemicu sering sakit tenggorokan yang berujung batuk bukan lah karena panas dalam, namun melainkan jika si perokok mengisap rokok yang  lain dalam jumlah yang banyak, saya sebelum berhenti adalah perokok sampoerna, nah jika saya menghisap marlboro sebatang dua batang ini tidak akan berpengaruh, namun jika saya menghisap sampai satu bungkus maka bisa dipastikan besoknya saya akan menderita sakit tenggorokan, begitu juga ketika saya beli dunhiil, langsung saja sakit tenggorokan menyerang mambuat saya menderita beberapa saat, memang rokok yang cocok dan paling nikmat menurut saya hanya sampoerna, namun itu dulu, sekarang saya telah berhasil lepas dari kecanduan merokok sejak pertama kali kelas 2 SMP mulai merokok.

5. dada akan terasa sakit pada waktu tertentu
ini adalah fenomena akibat nyata dari merokok, entah saya mulai merokok terlalu muda (2smp) ataupun saya sudah terlalu lama menjadi perokok, namun fenomena nyeri sesaat di dada saya rasakan pada waktu tertentu. mungik sebagian anda juga merasakannya.

6. pusing dan mual
jika anda pertama kali mencoba rokok, hal yang anda rasakan pertama kali adalah mual, pusing pusing dan rasa ingin muntah, ini adalah dampak nyata dari rokok, namun ini hanya pertama saja, jika sudah terus menerus anda akan terjebak menjadi perokok aktif.

kini saya telah berhasil berhenti merokok sejak 3 bulan lalu, dan sekarang saya sudah semster 4 di bangku kuliah jadi saya merokok hampir 6 tahun lamanya sejak pertama kali merokok pada kelas 2 smp,
dan saya menyarankan agar para remaja yang rentan mencoba rokok agar jangan pernah mencoba rokok karena sangat sulit untuk berhenti, saya juga dulu hanya coba coba, hingga akhirnya menjadi perokok sebenarnya.

nah bagi yang saat ini masih merokok,dan ingin berhenti merokok saya cuma bilang 1, yaitu NIAT, niat yang sungguh sungguh ingin berhenti merokok insya allah anda berhasil berhenti merokok, tanamkan lah niat untuk segera berhenti merokok.

nah saya rasa hanya cukup sampai disini artikel saya ini, semoga saja para remaja ataupun yang belum pernah merokok jangan pernah mencoba merokok, dan bagi yang masih merokok sampai saat ini saya doakan agar anda cepat berhenti merokok, semoga saja artikel sederhana dari saya ini dapat menginspirasi anda semua.

sumber

No comments:

Post a Comment