Friday, June 14, 2013

Dampak Negatif Rokok Terhadap Kesuburan


Rokok memang membunyai banyak dampak buruk bagi kesehatan manusia Merokok tak hanya merugikan kesehatan. Para ahli kesehatan juga menyebutkan rokok bisa mempengaruhi kesuburan pria. Namun masalah kesuburan ini sering diabaikan pria dan tidak dianggap sama pentingnya dengan kesehatan.



"Padahal kehamilan pada wanita sangat tergantung pada sel telur dan sperma pria yang berada dalam kondisi yang optimal," kata ahli kesuburan, Dr Rita Bakshi, seperti yang dilansir laman Times of India, Selasa (4/6).

Berikut pengaruh rokok terhadap kesuburan pria:

1.Konsentrasi Sperma
Konsentrasi mengacu pada jumlah benih dari sperma. Penelitian telah menunjukkan penurunan jumlah sperma pada pria yang merokok sebesar 23 persen.

2.Motilitas Sperma
Motilitas sperma mengacu pada kemampuan berenang sperma. Jika sperma tidak bisa berenang dengan baik, mereka mungkin memiliki kesulitan mencapai dan membuahi sel telur. Pada pria yang merokok, para peneliti menemukan penurunan motilitas sperma sebesar 13 persen.

3.Sperma Morfologi
Sperma morfologi mengacu pada bentuk sperma. Sperma morfologi yang ditemukan pada pria perokok, biasanya berbentuk aneh dan juga tidak memiliki kemampuan untuk mencapai sel telur.

4.Pria perokok juga memiliki tingkat hormon yang tidak normal. Sehingga mempengaruhi kesuburan.

nah itulah artikel tentang pentingnya menjaga kesuburan pria, tidak hanya wanita namun pria juga harus menjaga kesuburan nya, karena saat ini sudah banyak kasus yang menyatakan pria saat ini sudah mulai banyak mandul alias tidak bisa memberi keturunan pada anak.

dan salah satu penyebab nya adalah dari rokok, rokok memang mempunyai dampak buruk yang sangat banyak bagi tubuh, jadi tak heran saat ini negara negara dunia ramai mengkampanye kan anti rokok, nah semoga saja artikel ini bisa menginspirasi kita semua.


sumber

No comments:

Post a Comment