Monday, April 15, 2013

Tips Memulai Fitnes


Salah satu tantangan fitnes terberat yang dihadapi pemula adalah menjaga konsistensi dan disiplin untuk rutin olah fisik. Seringkali karena kelelahan, badan terasa sakit dan kadang pusing kepala menjadi alasan kenapa banyak orang berhenti datang ke gym.


Padahal bila dilakukan secara rutin, fitnes bisa membuat tubuh lebih bugar, sehat, dan membantu turunkan berat badan. Jika Anda baru akan memulai nge-gym, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar Anda tidak berhenti di tengah jalan, seperti dikutip dari All Women Stalk.

1. Umumkan
Tidak ada salahnya mengumumkan langkah sehat Anda ke orang lain. Anda juga bisa 'pamer' ke Facebook, Atau Twitter Kenapa? Dengan membiarkan 'dunia' tahu, Anda akan termotivasi untuk rutin melakukannya. Anda seperti punya tanggungjawab mental karena sekali saja bolos fitnes, bukan tidak mungkin orang-orang yang tahu akan memberi sindiran.

2. Cari Teman
Sendirian ke tempat fitnes saat baru pertama akan membuat canggung. Maka dari itu, coba ajak satu atau dua teman yang juga punya motivasi sama untuk olahraga. Selain itu Anda juga tetap termotivasi untuk rutin dan lebih semangat latihan. Anda juga harus mengingatkan dan memotivasi teman-teman melakukan hal yang sama. Agar teratur, tentukan hari dan jam wajib fitnes.

3. Siapkan Musik Favorit
Nge-gym bisa sangat melelahkan terutama bagi para pemula. Salah satu cara mengatasi agar lelah tidak terlalu terasa, dengarkanlah musik favorit yang bertempo upbeat. Saat mendengarkan alunan musik, Anda tidak akan selalu fokus pada gerakan latihan, durasi waktu dan rasa lelah. Musik membuat Anda ingin terus bergerak dan berlatih lebih maksimal.

4. Jangan Berlebihan
Pemula fitnes umumnya terlalu bersemangat sehingga berolahraga melebihi batas kemampuan. Satu hal yang paling penting, jangan melakukan itu! Anda tidak perlu lari menghabiskan waktu selama dua jam nonstop di gym demi mendapatkan tubuh langsing dan ideal. Hal itu hanya akan membuat tubuh kelelahan dan bukan tidak mungkin Anda akan pingsan. Cara yang tepat adalah fitnes sesuai kemampuan dan bertahap. Di minggu pertama, lakukan latihan selama 15 menit. Minggu berikutnya 20 menit, dan makin lama semakin tinggi intensitasnya. Tubuh pun akan terbiasa dan tidak kaget.

5. Fokus pada Tujuan Akhir
Di awal-awal, fitnes pasti akan membuat tubuh terasa lelah dan sakit-sakit. Jangan membuat Anda berhenti latihan karena hal itu. Yakinlah dengan disiplin dan motivasi yang kuat, Anda akan merasakan hasilnya. Badan lebih bugar, segar, tidak gampang sakit dan lelah, tidur juga lebih nyenyak. Manfaat olahraga biasanya sudah bisa dirasakan dalam beberapa minggu. Jadi setiap rasa malas datang, pikirkanlah target akhir yang akan Anda dapatkan.

source: detik.com

No comments:

Post a Comment