Monday, April 15, 2013

Manfaat Tanaman Jahe Bagi Kesehatan


jahe adalah salah satu tanaman yang sangat familiar dengan masyarakat indonesia, karena sudah pasti anda mengenal yang namanya jahe, kemudian cara mendapatkan jahe ini pun sangat gampang, karena jahe ada dan mudah ditemui di seluruh indonesia.


nah tentu kita semua tahu apa saja manfaat dan khasiat jahe bagi kesehatan kita berikut manfaat tanman jahe bagi tubuh kita.

Manfaat Tanaman Jahe
jahe dapat digunakan sebagai bumbu masak, pemberi aroma dan rasa pada makanan seperti roti, kue, biskuit, kembang gula dan berbagai minuman. Jahe juga dapat digunakan pada industri obat, minyak wangi, industri jamu tradisional, diolah menjadi asinan jahe, dibuat acar, lalap, bandrek, sekoteng dan sirup.

para petani cabe menggunakan jahe sebagai pestisida alami. Dalam perdagangan jahe dijual dalam bentuk segar, kering, jahe bubuk dan awetan jahe. Disamping itu terdapat hasil olahan jahe seperti: minyak astiri dan koresin yang diperoleh dengan cara penyulingan yang berguna sebagai bahan pencampur dalam minuman beralkohol, es krim, campuran sosis dan lain-lain.

Adapun manfaat jahe yang lain adalah anti muntah, anti kembung, anti masuk angin, pereda kejang, anti pengerasan pembuluh darah, peluruh keringat, anti inflamasi, anti mikroba dan parasit, anti piretik, anti rematik, serta merangsang pengeluaran getah lambung dan getah empedu dll.

nah itulah beberapa manfaat tanaman jahe bagi tubuh kita, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment